Rayap dan Tingkatan Rayap

rayapRayap merupakan hewan primitif yang paling sukses dalam mempertahankan populasinya. Sumber makanan rayap adalah selulosa, yaitu zat paling banyak yang ada di bumi, tidak ada organisme lain yang bisa memakai selulosa untuk dijadikan sumber makanan. Populasi rayap biasanya tergantung dari kestabilan suhu di dalam sarang dan juga keseimbangan dari kadar air. Akan tetapi rayap memiliki cara yang benar-benar sempurna untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan membuat papan-papan berbentuk paralel di setiap bagian atap sarangnya. Papan-papan tersebut terbuat dari lumpur, yang berguna sebagai pengatur udara di dalam sarang.

Seperti tubuh serangga pada umumnya, tubuh rayap juga ditutupi dengan lapisan tipis epitikula yang berfungsi untuk melindungi rayap dari kekeringan serta untuk menjaga kelembaban, dan juga untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh organisme lain. Tubuh rayap terbagi tiga bagian yaitu bagian kepala, bagian dada (toraks), serta bagian abdomen. Secara morfologi batas dari setiap bagian tubuh rayap tidak terlihat jelas. Rayap yang memiliki sayap biasanya disebut laron, laron memiliki sepasang sayap lurus dengan ukuran yang sama. Sedangkan rayap yang tidak memiliki sayap biasanya berwarna keputih-putihan, dengan bentuk mirip semut, rayap biasa juga disebut dengan istilah semut putih.

Rayap mempunyai ukuran tubuh yang bervariasi, yaitu sekitar 4 sampai dengan 11 mm. Rayap mempunyai kemampuan untuk beradaptasi yang tinggi dengan kondisi lingkungannya, sehingga menyebabkan penyebaran rayap menjadi sangat luas. Di daerah yang beriklim tropis, rayap bisa ditemui mulai dari pantai hingga sampai dengan ketinggian 3000m di atas permukaan laut. Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi perkembangan dari populasi rayap diantaranya adalah curah hujan yang tinggi, suhu udara, kelembaban udara, makanan dan predator.

Rayap tanah sangat menyukai tempat yang mempunyai kelembaban tinggi. Dalam suatu bangunan yang memiliki bahan-bahan konstruksi yang berasal dari kayu apabila sering tertimpa bocoran air hujan atau berada ditempat yang lembab seperti kamar mandi, bisa menjadi tempat yang sering terkena serangan dari rayap tanah. Namun untuk rayap kayu kering, kondisi yang lembab tidak terlalu dibutuhkan, sebab rayap kering mampu membuat kayu yang diserang menjadi lembab.

penggolongan dari jenis-jenis rayap masih menjadi suatu misteri di dunia serangga, dengan tingkat kemiripan yang tinggi diantara jenis rayap di masing-masing famili. Umumnya rayap yang berada dalam satu kategori mempunyai kemiripan yang hampir sama dalam semua perilakunya, sehingga untuk mengendalikannya juga mempunyai metoda yang sama. Rayap biasanya hidup dalam komunitas yang disebut dengan koloni. Dalam setiap koloni terdapat lebih dari satu juta rayap yang dibagi dalam beberapa kelompok yang biasa disebut dengan kasta dan masing-masing kasta ini memiliki bentuk dan juga peran yang berbeda-beda.

Rayap Kasta Reproduktif

Yang termasuk dalam kasta reproduktif adalah ratu (betina) dan raja(jantan). Ciri-ciri dari ratu adalah mempunyai abdomen yang membesar dan tugas dari ratu adalah bertelur, sedangkan raja hanya bertugas untuk membuahi ratu. Ukuran ratu biasanya sebesar jempol seorang pria dewasa bahkan lebih, sedangkan raja hanya berukuran 1/10 dari ukuran tubuh ratu. Ratu dapat bertelur sekitar 36000 sehari apabila koloninya sudah berumur lenih dari 5 tahun. Ratu rayap biasanya bisa hidup lebih dari 20 tahun.

rayap reproduktifSelama hidupnya tugas ratu hanyalah bertelur dan tetap berada di dalam inti sarang dan tidak pernah keluar sampai ia mati. Ratu dan raja merupakan individu pertama dari pendiri koloni, dan di dalam satu koloni hanya terdapat satu ratu dan satu raja, maka apabila raja dan ratu mati, maka koloninya akan membentuk betina dan juga jantan fertil baru yang berasal dari kasta pekerja.

Rayap Kasta Prajurit

Jumlah kasta prajurit sekitar 15% dari anggota koloni rayap. Tugas dari rayap prajurit adalah menjaga dan mengawasi rayap pekerja yang berada di sekitar sumber makanan dari serangan para predator.

rayap prajuritRayap prajurit memiliki bentuk tubuh yang kekar dan kulit yang keras, yang berguna untuk melawan musuh demi kelangsungan hidup koloni. Rayap prajurit biasanya mempunyai rahang berbentuk gunting.

Rayap Kasta Pekerja

Sebagian besar koloni rayap adalah terdiru dari kasta pekerja, yaitu sekitar 85% populasi rayap dalam suatu koloni adalah merupakan rayap pekerja. Dari tiga macam kasta rayap, yang sering merusak bangunan hanyalah kasta pekerja.

rayap pekerjaRayap pekerja mempunyai tubuh berwarna pucat dan tugas dari rayap pekerja ini adalah mencari sumber makanan lalu mengangkutnya masuk ke dalam sarang, membuat sarang, menyuapi serta membersihkan ratu, raja dan prajurit, serta membersihkan telur-telur dan membunuh atau memakan rayap yang sudah tidak produktif lagi, baik itu ratu, raja, prajurit ataupun rayap pekerja sendiri.

  1. Pingback: Tips Membasmi Rayap pada Tembok Rumah | FUMIDA

Leave a Reply

*

captcha *