Kenapa Rayap Suka Memakan Kayu dan Buku

April 4, 2020 by admin
kenapa-rayap-suka-makan-kayu-dan-buku.jpg

Kenapa Rayap Suka Memakan Kayu dan Buku

Mungkin diantara Anda ada yang bertanya-tanya, “kenapa sih binatang bernama rayap itu suka sekali menggerogoti kayu dan buku hingga rusak bahkan habis?”

Jawaban ini akan coba kita kupas secara ilmiah pada kesempatan kali ini, dengan harapan agar pembaca menjadi tahu dan faham bahwa inilah proses alami yang terjadi di luar sana, tepatnya di tempat-tempat dimana rayap bersarang, hidup, dan berkembang.

 

Kenapa Kayu dan Buku?

Jika ditanya kenapa kayu dan buku? Jawabannya sederhana saja, karena keduanya bisa menghasilkan enzim selulosa ketika dicerna oleh rayap. Inilah unsur yang diambil sebagai bahan makanan bagi rayap. Sehingga enzimnya diserap oleh tubuh, dan ampas kayu dan bukunya menjadi kotoran rayap yang biasa ditemukan di rumah-rumah yang didalamnya bersarang rayap.

Setiap hari rayap melakukan aktivitas makan dan mencerna, sehingga pantaslah jika lambat laun material kayu yang termasuk bagian dari bangunan rumah, serta perabotan yang berbahan dasar kayu, mulai berlubang, mulai keropos, hingga lapuk dan rusak. Disini pentingnya kita segera melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan agar akibat buruk yang disebabkan rayap ini bisa dihindari sedini mungkin.

 

Bagaimana Rayap Bisa Mencerna Kayu dan Buku?

Ketika mendapatkan penjelasan ilmiyah tentang jawaban pertanyaan ini, maka semakin yakinlah kita bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai pencipta seluruh makhluk di dunia ini telah mengatur setiap hal dengan detail dan seksama, yang sebagian saling berhubungan satu sama lain, saling ketergantungan satu sama lain, dan saling memberikan sebab akibat satu sama lain, sehingga siklus kehidupan ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama sekali.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tim ahli, dikemukakan bahwa dalam saluran cerna rayap terdapat makhluk hidup bersel satu atau protozoa bernama Flegellata, yang membantu rayap dalam mencerna kayu atau buku di dalam tubuhnya, hasil pencernaan tersebut menghasilkan enzim selulosa yang menjadi sumber makanan untuk rayap.

Baca Juga  Gejala Awal Adanya Rayap di Perumahan

Disini bisa kita lihat adanya simbiosis mutualisma, sebuah hubungan dan kerjasama yang saling menguntungkan dari makhluk-makhluk kecil di dunia ini. Rayap mendapatkan enzim selulosa, dan protozoa yang terdapat dalam saluran cerna rayap tetap bisa hidup dengan mencerna kayu dan buku yang dimakan oleh rayap.

***

Inilah jawaban singkat nan jelas untuk menjawab pertanyaan kenapa rayap suka memakan kayu dan buku! Jadi kesimpulannya adalah karena dalam dua bahan tersebut apabila dicerna akan menghasilkan enzim selulosa, inilah yang menjadi sebabnya.

Jadi apabila muncul pertanyaan lanjutan, “apakah terbatas kepada kayu dan buku saja?”. Maka jawabannya tentu tidak, karena masih banyak bahan dan material lain yang bisa menghasilkan enzim tersebut. Namun secara umum apabila terdapat rayap di rumah kita, maka kayu dan bukulah yang sering menjadi bahan makanan rayap.

Kayu sendiri sering menjadi bahan material utama pembangun rumah kita. Silahkan simak baik-baik jendela rumah dan daun pintu rumah kita, maka kebanyakan diantara kita pasti melihat kayu. Kemudian lihat sekeliling perabotan rumah Anda, tentu kita juga akan melihat banyak sekali perabotan yang terbuat dari bahan kayu. Itu semua adalah calon mangsa rayap, yang jika tidak kita lakukan pencegahan, akan mulai rusak dan habis seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itu, jika di rumah Anda sudah memperlihatkan tanda-tanda kehadiran rayap, maka segera lakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan secara efektif, salah satunya dengan memanfaatkan jasa anti rayap Fumida yang telah berpengalaman di bidangnya.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat, selamat mencoba dan sampai jumpa dalam artikel selanjutnya.



WE CARE, WE CAN





WE CARE, WE CAN




0822-1123-1123


24/7 CUSTOMER SERVICE

Dapatkan konsultasi terbaik dari para ahli biologi kami dengan hanya menghubungi kami sekarang




COPYRIGHT © 2020 FUMIDA | ALL RIGHTS RESERVED



COPYRIGHT © 2020 FUMIDA | ALL RIGHTS RESERVED



Baca Juga  Fase Perkembangbiakan Rayap di Musim Hujan
Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang