Jenis-Jenis Rayap: Rayap Kayu dan Rayap Tanah

September 20, 2017 by admin1
rayap-kayu.png

Jenis-jenis rayap yang ada di Indonesia antara lain rayap tanah, rayap kayu kering, dan rayap kayu lembab.

 

Apakah Anda tahu rayap? Ya, hewan kecil yang bisa Anda sebut juga sebagai silent destroyer karena bisa menghancurkan material rumah dan perabotan yang terbuat dari kayu tanpa kita sadari? Kami yakin Anda sudah paham mengenai hewan kecil yang satu ini. Rayap seringkali dianggap sebagai hewan yang berbahaya karena keahliannya dalam melakukan perusakan di bagian dalam tanpa mengganggu penampilan di bagian luar. Makanya tidak heran jika banyak orang yang tidak menyadarai keberadaan rayap ini di rumahnya karena aktifitas rayap yang sangat tersembunyi itu. Kebanyakan orang baru akan sadar rayap juga turut menghuni rumahnya setelah kerusakan yang dibuat oleh rayap lumayan besar. Namun kali ini kami tidak akan membahas mengenai akibat-akibat yang akan ditimbulkan oleh rayap.

Nah, untuk Anda yang penasaran mengenai hal tersebut, Anda bisa memperhatikan poin-poin yang menerangkan tentang jenis jenis rayap yang kami bagikan di bawah ini.

Rayap Kayu

Oke, yang pertama kami akan membahas mengenai rayap kayu terlebih dahulu. Rayap kayu ini ada dua jenis yakni rayap kayu kering dan rayap kayu basah. Rayap kayu kering adalah rayap kayu yang bertempat di kayu-kayu kering dengan kadar air yang rendah. Rayap kayu jenis ini tidak terlalu membutuhkan air karena mereka bisa menghasilkan air sendiri karena mencerna selulosa.

rayap kayu

Sedangkan rayap kayu basah adalah rayap kayu yang biasa hidup di kayu basah dengan kadar air yang tinggi. Meski dari tempat hidup kedua jenis rayap ini berbeda, tetapi umumnya sama-sama menghuni jenis kayu yang sama dan mengeluarkan tanda-tanda sebagai berikut:

  1. Adanya koloni rayap
  2. Adanya tubulus atau tabung kecil yang menjadi jalan rayap dari sarang ke sumber makanan. Tubulus ini dibangun sendiri oleh rayap dengan menggunakan lumpur
  3. Terjadinya kerusakan pada kayu

 

Rayap Tanah

Selanjutnya adalah rayap tanah. Rayap tanah adalah rayap yang hidup di bawah permukaan tanah dan hubungan sosialnya cenderung tinggi karena biasanya berkoloni dalam jumlah yang besar.

Itulah pembahasan mengenai jenis rayap. Jika Anda berhasil menemukan keberadaan rayap ini di rumah Anda, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memeriksa benda-benda apa sajakah yang sudah ditinggali oleh rayap dan bagaimana tingkat kerusakannya supaya rayap tidak menjamah ke benda yang lainnya.

rayap tanah

Nah, setelah Anda mengetahui rayap kayu dan rayap tanah seperti yang kami jelaskan di atas. Anda juga sebaiknya menambah pengetahuan Anda mengenai rayap dengan membaca beberapa fakta rayap yang kami bagikan di bawah ini:

  1. Rayap golongan pekerja biasanya akan bertahan hidup selama 2 tahun dan akan terus bekerja tanpa istirahat
  2. Ratu rayap akan bertelur setiap 15 detik sekali
  3. Di alam bebas, rayap berperan sebagai dekomposer
  4. Rayap berpotensi untuk menimbulkan kerugian properti sebanyak $5 milyar setiap tahunnya

Dengan mengetahui beberapa fakta soal rayap seperti di atas, sekarang Anda sudah yakin bukan bahwa hewan kecil yang satu ini layak untuk dibasmi? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membasmi rayap, misalnya dengan menggunakan insektisida, obat antirayap khusus atau bisa juga dengan memanggil jasa anti rayap seperti kami, FUMIDA di 021-29049130 / 0822-1177-1166 (Garansi Pekerjaan 3 Tahun).

Blog dan Artikel Sebelumnya :


One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




WE CARE, WE CAN





WE CARE, WE CAN




0822-1177-1166


24/7 CUSTOMER SERVICE

Dapatkan konsultasi terbaik dari para ahli biologi kami dengan hanya menghubungi kami sekarang




COPYRIGHT © 2019 FUMIDA | ALL RIGHTS RESERVED



COPYRIGHT © 2019 FUMIDA | ALL RIGHTS RESERVED



Telp Sekarang 0822 1177 1166
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang