Apakah Rayap Itu dan Apa yang Mereka Lakukan

rayapDi alam bebas, rayap sangat berguna untuk membantu mengurai nutrisi tumbuhan mati menjadi tanah yang subur. Tetapi, mereka menjadi ancaman serius ketika memasuki tempat tinggal kita. Rayap adalah salah satu hama yang paling sulit untuk dikendalikan. Rayap adalah jenis serangga yang memakan selulosa dari kayu mati atau produk kayu,mereka memakan perabotan, kertas, buku dan benda kayu lainnya.

Sekalipun rumah Anda dibangun dengan bahan utama batu bata atau batu, Anda tetap akan menemukan masalah dengan rayap, dikarenakan faktor pendukung struktur dan komponen bangunan, rumah atau gedung  masih menggunakan bahan terbuat dari unsure kayu atau material yang mengandung selulosa . Rayap bisa memakan kayu di dalam gedung dari bawah sampai ke atas atap. Dari waktu ke waktu, kerusakan yang disebabkan oleh rayap bisa terlihat sangat jelas. Kerusakan yang ditimbulkan rayap pada kayu menyebabkan tingginya biaya untuk perbaikan struktur bangunan.

Data tahun 1998 untuk bangunan Pemerintah di DKI saja mencapai lebih dari 200 milyar per tahun, belum pada bangunan swasta dan perumahan. Disamping konstruksi rumah, rayap juga akan menghancurkan semua bahan yang berselulosa seperti furniture, kertas, PVC, kabel, bahan kulit, karpet/wol, gypsum, partisi, kain katun dan sebagainya, yang tidak disadari oleh pemiliknya. Tidak ada tanah bebas rayap di Indonesia.

Pengendalian rayap akan menjadi efektif jika dilakukan oleh tekhnisi yang berpengalaman dan mengerti kebiasaan makan dan kehidupan rayap, dengan sebelumnya melakukan observasi terhadap konstruksi bangunan, ciri-ciri tanah dan kondisi yang disukai rayap.

Terdapat lebih dari 120 jenis rayap di seluruh dunia. Dari fosil rayap yang ditemukan, rayap adalah serangga purba yang telah hadir di bumi lebih dari 200 juta tahun yang lalu sebelum manusia tetapi 3 jenis ini yang sering ditemukan dan menjadi keluhan

Rayap Kayu Kering

Ditemukan di kayu kering, biasanya di struktur timber dari gedung. Jenis rayap ini tidak terlalu tergantung pada sumber air dan tidak perlu mencari makanan di dalam tanah.

Rayap Kayu Lembab

Memakan kayu yang sudah membusuk, misalnya kayu dari phon yang sudah jatuh. Rayap Subterranean ( Jenis paling umum dan ancaman paling serius). Jenis yang paling umum ditemukan di daerah ini. Rayap ini bersarang di tanah dengan kelembaban rendah.

Rayap Tanah

Rayap jenis ini adalah serangga sosial dan senang berkelompok dan membentuk koloni dalam jumlah sangat besar. Mereka umumnya tinggal di bawah permukaan tanah dan merusak struktur bangunan tanpa terdeteksi melalui jalan tersembunyi yang hampir tidak terlihat di fondasi dinding atau lantai.

Leave a Reply

*

captcha *