5 Tanda-Tanda Rumah Jadi Sarang Rayap, Sudah Tahu?

April 14, 2019 by admin0
kerusakan-kayu.jpg

Rumah adalah salah satu harta benda yang pasti diinginkan oleh semua orang dan merasa nyaman adalah sesuatu yang diharapkan ketika memiliki sebuah rumah. Namun kadang kenyamanan di dalam rumah tiba-tiba terusik dengan adanya kehadiran ‘tamu tak diundang’ seperti rayap. Memang tidak semua rumah diserang oleh rayap, namun untuk memastikan hal tersebut pastikan beberapa tanda rumah jadi sarang rayap agar Anda bisa segera mengambil langkah cepat ketika rumah terbukti diserang oleh rayap.

Kehadiran rayap tidak boleh disepelekan karena selain bisa mengganggu juga bisa merusak perabotan. Jika sudah begitu perabotan yang seharusnya memiliki umur panjang bisa rusak dalam waktu yang lebih singkat.

5 Tanda-Tanda Rumah Jadi Sarang Rayap

1. Dinding Rumah Terdapat Jalur Tanah

Tanda-tanda rumah jadi sarang rayap yang pertama adalah adanya jalur tanah pada dinding. Jalur tanah tersebut seperti terowongan dan kemungkinan besar terowongan tersebut dibuat oleh rayap yang ada di rumah Anda. Jenis rayap yang membangun terowongan tersebut adalah rayap tanah atau subterranean. Terowongan tersebut dibuat agar mereka tidak terlihat dan biasanya terowongan dibuat dari berbagai macam bahan, seperti puing tembok, lumpur, debu, atau bahkan kotoran rayap itu sendiri.
2. Kotoran Rayap

Jarang ada yang mengetahui bahwa serbuk berwarna coklat yang biasa menggunduk di lantai adalah kotoran rayap. Kotoran tersebut akan ditinggalkan oleh rayap setelah menggerogoti dinding dan bagian rumah atau perabot yang berbahan kayu. Lokasi gundukan kotoran biasanya menjadi tanda bahwa tempat tersebut menjadi sarang rayap.

3. Sayap

Tanda rumah jadi sarang rayap yang selanjutnya adalah banyaknya sayap yang berserakan di lantai. Sayap-sayap tersebut berasal dari rayap dewasa yang sedang memasuki fase aktif reproduksi dan memilih terbang agar lebih cepat untuk mencari pasangan. Namun sayap rayap dewasa mudah patah sehingga tak heran jika di lantai tiba-tiba banyak sekali sayap rayap.

4. Terdengar Suara Nyaring

Tanda yang satu ini benar-benar akan meyakinkan Anda kalau rumah atau perabot Anda dihuni oleh rayap. Suara nyaring pada tembok atau bagian rumah berbahan kayu akan terdengar ketika diketuk membuktikan bahwa rayap sukses menggerogoti dan bersarang di tempat tersebut. Ketika terdengar suara nyaring maka bangunan, baik itu tembok atau yang terbuat dari material kayu terasa tidak kokoh seperti bangunan utuh. Untuk lebih memastikan, ketuk pada bagian-bagian tertentu dan rasakan perbedaan suara yang dihasilkan.

5. Suara Robekan Kertas dan Terdapat Lubang di Berbagai Tempat

Tanda rumah jadi sarang rayap yang terakhir ini tidak akan membuat Anda ragu lagi untuk segera mengambil tindakan. Ketika keadaan hening dan terdengar suara pada bagian rumah tertentu maka itu adalah rayap yang selalu aktif mencari celah untuk digerogoti. Ketika melakukan hal tersebut rayap akan berpencar dan saat menemukan sasaran yang sesuai akan menyundulkan kepala ke permukaan hingga terdengar bunyi pada dinding untuk memberikan sinyal kepada rayap yang lain.

Jika sudah berkumpul, mereka akan mulai menggeogoti hingga muncul suara seperti kertas yang disobek. Ketika sudah menggerogoti dan koloni rayap bertambah besar, hal yang akan terjadi adalah timbul lubang pada permukaan sarang.

Adanya rayap pada rumah tentu akan sangat merugikan dan jika sudah begini maka yang harus dilakukan adalah memusnahkan rayap agar kerusakan tidak berlangsung lebih cepat. Untuk membersihkan rumah dari rayap, gunakan jasa anti rayap FUMIDA dan segera rasakan hasilnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




WE CARE, WE CAN





WE CARE, WE CAN




0822-1177-1166


24/7 CUSTOMER SERVICE

Dapatkan konsultasi terbaik dari para ahli biologi kami dengan hanya menghubungi kami sekarang




COPYRIGHT © 2019 FUMIDA | ALL RIGHTS RESERVED



COPYRIGHT © 2019 FUMIDA | ALL RIGHTS RESERVED



Telp Sekarang 0822 1177 1166
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang